2 Comments

  • Malahati Shatadini says:

    Hi Mas Bima!

    Terima kasih sudah mau share pengalaman jadi host Airbnb di blognya Mas Bima. Perkenalkan nama saya Shata. Saya berencana mau beli apartemen di Bandung dan mau sewain buat Airbnb. Jadi saya totally newbie dalam hal ini, maafkan ya Mas kalau nanya ini-itu. Semoga Mas Bima bisa bantu jawab hehe.

    Mas bima atau kenalan Mas Bima apakah ada yg pernah jadi host Airbnb untuk apartemen? Apartemen kan ada biaya maintenance per bulannya, nah jujur yg skrg saya takutkan gimana kalau income dari Airbnb ga bisa nge cover biaya maintenance nya.

    Mas Bima bayar listrik dan air yg dipakai tamu Airbnb gimana ya? digabung dgn pengeluaran rumah sendiri atau dipisahkan by token gitu ya?

    Segitu dulu pertanyaan saya, makasih banyak Mas Bima 😀

    • Boma says:

      Salam kenal Mbak Shata, saya Bima dan terima kasih sudah berkunjung di blog bomanta.com

      Ada beberapa teman memang yang beli properti baik rumah maupun apartemen khusus untuk disewain, kalo mbak Shata ga mau ribet memang ‘dititipkan’ saja ke pemasaran artinya dijadikan condotel walaupun saya pribadi lebih senang kalo dikelola sendiri.

      Kalo kembali ke bisnis memang tidak ada yang pasti mbak, bisa jadi mbak laris tapi bisa jadi uang yang diperoleh tidak cukup untuk membayar biaya bulanan, dalam kasus ini saran saya…dicoba saja toh kalau rugipun mbak masih bisa jual aset propertinya. So far saya jalanin unit baik milik saya dan juga orang lain untuk airbnb semua bisa mengcover biaya bulanan dan membagi keuntungan rutin tiap bulan.

      Di Boma House semua listrik, air, internet dll masih jadi dengan rumah tinggal, keep in touch dan sukses mencoba

      BIMA

Comments are closed.